Selasa, 18 Oktober 2011

Praktekum Java ke 3


   A.    Memebuat Program Disket.java

public class Disket {
   int panjang = 10;
   final int LEBAR = 10;
   String warna = "Kuning";
   String bentuk = "segiempat";
   String data = " ";

   void simpanData (String data1) {
            this.data += data1;
   }

   void hapusData() {
            data = " ";
   }
   String bacaData() {
            return data;
   }
}

Output :




Nama kelasnya adalah Disket dan di simapn dengan nama Disket.java.
Atributnya ada panjang, lebar, warna, bentuk dan data.
Di setiap atribut memiliki tipe datanya masing-masing.
Ada modifier final di atribut lebar yang artinya nilai Lebar adalah tetap atau tidak bisa diubah, dengan modifier final suatu atribut akan berlaku sebagai konstanta.
Ada 3 method di program tersebut yaitu simpanData (method yang memiliki parameter), hapusData dan bacaData.
Method digunakan untuk memodularisasi program melalui pemisah satu tugas  menjadi satu unit tersendiri.


    B.     Membuat Program MainDisket.java

class MainDisket{
   public static void main (String[] args) {
            Disket disk1 = new Disket();
            System.out.println("Panjang disket = "+ disk1.panjang);
            System.out.println("Lebar disket = "+ disk1.LEBAR);
            System.out.println("Warna disket = "+ disk1.warna);
            System.out.println("Bentuk disket = "+ disk1.bentuk);

            System.out.println("Data mula-mula = "+ disk1.bacaData());
            disk1.simpanData("Belajar java");
            System.out.println("Setelah simpanData = "+disk1.bacaData());
            disk1.hapusData();
            System.out.println("Setelah hapusData = "+ disk1.bacaData());
  }
}

Output:






v  Disket disk1 = new Disket();
adalah method dengan objek disk1, karena di program Disket,java tidak ada maka method tersebut tidak terpanggil.
v  System.out.println("Panjang disket = "+ disk1.panjang);
Adalah fungsi untuk memanggil atribut panjang = 10         
v  System.out.println("Lebar disket = "+ disk1.LEBAR);
Adalah fungsi untuk memanggil atribut dengan modifier Lebar =10
v  System.out.println("Warna disket = "+ disk1.warna);
Adalah fungsi untuk memanggil atribut warna = kuning
v  System.out.println("Bentuk disket = "+ disk1.bentuk);
Adalah fungsi untuk memanggil atribut bentuk = segiempat
v  System.out.println("Data mula-mula = "+ disk1.bacaData());
Adalah memanggil method bacaData = “ “ (spasi)
v  disk1.simpanData("Belajar java");
Adalah memanggil method simpanData dan dengan bacaData sebelummnya yaitu hasilnya “ “(spasi) Belajar Java
v  System.out.println("Setelah simpanData = "+disk1.bacaData());
Yaitu menyimpan method dengan isi Belajar Java
v  disk1.hapusData();
yaitu menghapus kembali isinya
v  System.out.println("Setelah hapusData = "+ disk1.bacaData());
Adalah memanggil method bacaData = “”(spasi)

    C.     Mengimplementasikan Konstruktor pada class Disket
a.       Menambahkan kode program pada file Disket.java
b.      Ketikkan kode pada baris ke 7  dari dokumen file Disket.java yaitu:

Disket() {
               panjang = 100;
   }
   Disket(int panjang1) {
               this.panjang= panjang1;
   }

c.       Lalu di simpan, compile dan run kelas Disket.java


output:




d.      Ubah kode pada MainDisket.java pada  baris 3 dengan kode :

Disket disk1 = new Disket(50);]

Output:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar