A. Memebuat
Program Disket.java
public class Disket {
int panjang = 10;
final int LEBAR = 10;
String warna = "Kuning";
String bentuk = "segiempat";
String data = " ";
void simpanData (String data1) {
this.data += data1;
}
void hapusData() {
data = " ";
}
String bacaData() {
return data;
}
}
Output :
Nama kelasnya adalah Disket dan di
simapn dengan nama Disket.java.
Atributnya ada panjang, lebar,
warna, bentuk dan data.
Di setiap atribut memiliki tipe
datanya masing-masing.
Ada modifier final di atribut lebar
yang artinya nilai Lebar adalah tetap atau tidak bisa diubah, dengan modifier
final suatu atribut akan berlaku sebagai konstanta.
Ada 3 method di program tersebut
yaitu simpanData (method yang memiliki parameter), hapusData dan bacaData.
Method digunakan untuk
memodularisasi program melalui pemisah satu tugas menjadi satu unit tersendiri.
B. Membuat
Program MainDisket.java
class MainDisket{
public static void main (String[] args) {
Disket disk1 = new
Disket();
System.out.println("Panjang
disket = "+ disk1.panjang);
System.out.println("Lebar
disket = "+ disk1.LEBAR);
System.out.println("Warna
disket = "+ disk1.warna);
System.out.println("Bentuk
disket = "+ disk1.bentuk);
System.out.println("Data
mula-mula = "+ disk1.bacaData());
disk1.simpanData("Belajar
java");
System.out.println("Setelah
simpanData = "+disk1.bacaData());
disk1.hapusData();
System.out.println("Setelah
hapusData = "+ disk1.bacaData());
}
}
Output:
v Disket
disk1 = new Disket();
adalah
method dengan objek disk1, karena di program Disket,java tidak ada maka method
tersebut tidak terpanggil.
v System.out.println("Panjang
disket = "+ disk1.panjang);
Adalah fungsi untuk memanggil atribut
panjang = 10
v System.out.println("Lebar
disket = "+ disk1.LEBAR);
Adalah
fungsi untuk memanggil atribut dengan modifier Lebar =10
v System.out.println("Warna
disket = "+ disk1.warna);
Adalah
fungsi untuk memanggil atribut warna = kuning
v System.out.println("Bentuk
disket = "+ disk1.bentuk);
Adalah
fungsi untuk memanggil atribut bentuk = segiempat
v System.out.println("Data
mula-mula = "+ disk1.bacaData());
Adalah
memanggil method bacaData = “ “ (spasi)
v disk1.simpanData("Belajar
java");
Adalah
memanggil method simpanData dan dengan bacaData sebelummnya yaitu hasilnya “
“(spasi) Belajar Java
v System.out.println("Setelah
simpanData = "+disk1.bacaData());
Yaitu
menyimpan method dengan isi Belajar Java
v disk1.hapusData();
yaitu
menghapus kembali isinya
v System.out.println("Setelah
hapusData = "+ disk1.bacaData());
Adalah
memanggil method bacaData = “”(spasi)
C. Mengimplementasikan
Konstruktor pada class Disket
a. Menambahkan
kode program pada file Disket.java
b. Ketikkan
kode pada baris ke 7 dari dokumen file
Disket.java yaitu:
Disket() {
panjang = 100;
}
Disket(int panjang1) {
this.panjang= panjang1;
}
c. Lalu
di simpan, compile dan run kelas Disket.java
output:
output:
d. Ubah
kode pada MainDisket.java pada baris 3
dengan kode :
Disket
disk1 = new Disket(50);]
Output:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar