Selasa, 08 November 2011

Praktikum Java Ke 6


     Overloading, OverRiding dan Exception
   
      A.      OVERLOADING
Overloading adalah suatu kemampuan dalam bahasa berorientasi objek untuk menggunakan suatu nama method untuk beberapa method yang memiliki parameter masukan yang berbeda (tipe maupun jumlah parameter). Atau dengan kata lain, dalam satu kelas ada beberapa method yang sama tetapi ada bedanya yaitu dari segi parameternya.
Contoh:
1.       Membuat Program SegiTigaa.Java

class SegiTigaa{  // membuat sebuath class dengan nama Segitiga
public SegiTigaa (double panjang) {  // constructor SegiTiga dengan  satu parameter yaitu  panjang
       System.out.println("\nVariabel = segitiganya sama sisi");  // mencetak kata n yang pertama yaitu :”Variabel = segitiganya sama sisi”
       System.out.println("Panjang = " +panjang); //mencetak Panjang= ditambah nilai parameter panjang 
       keliling(panjang); // method keliling dengan parameter panjang
       }
       public SegiTigaa(double panjang, double sisiMiring){  // constructor SegiTiga  dengan dua parameter yaitu panjang dan sisi miring.
       System.out.println("\n2Variabel = segitiganya sama kaki"); // mencetak n yang kedua yaitu :”Variabel = segitiganya sama kaki”
       System.out.println("Panjang = " +panjang+ " sisi miring = " +sisiMiring); //mencetak Panjang= ditambah nilai parameter panjang dan mencetak sisi miring ditambah nilai parameter sisiMiring.
       keliling(panjang, sisiMiring); //method keliling dengan parameter panjang dan sisiMiring.
       }
       public void keliling(double panjang) { // memanggil method keliling yang menggunakan parameter panjang saja.
                       tampilkanHasil(panjang*3); // method tampilkanHasil dengan nilai parameter panjang dikali 3.
                       }
       public void keliling(double p, double sM) { // memanggil method keliling yang menggunakan parameter panjang dan sisiMiring.
       tampilkanHasil(2*sM+p); // method tampilkanHasil dengan parameter sisiMiring(sM) dikali 2 dan ditambah parameter panjang(p).
       }
       protected void tampilkanHasil(double h) { //memanggil method tampilkanHasil dengan parameter h
       System.out.println("Hasil = " +h);  //mencetak “Hasil=” ditamabah nilai parameter h.
       }
}

  Output: 
Tidak ada karena tidak memiliki fungsi utama/ Jika dijalankan maka mucul tampilan seperti dibawah ini :


             2.       Membuat Program MainSegitiga.java

class MainSegiTiga { // membuat class baru dengan nama MainSegiTiga.
        public static void main(String [] args) { //Fungsi Utama
        new SegiTigaa(7);  // memanggil method SegiTiga yang pertama pada class SegiTiga dan mengirimkan nilai 7 pada parameter panjang.
        new SegiTigaa(4,7); // memanggil method SegiTiga yang kedua  pada class SegiTiga dan mengirimkan nilai 4  pada parameter panjang dan nilai 7 pada parameter sisiMiring.
        }
}
Output:

      




    B.      OVERRIDING
Overriding adalah suatu kemampuan dalam bahasa berorientasi objek untuk mengubah implementasi (menimpa) suatu method yang memiliki oleh kelas super ketika kelas super tersebut diturunkan.
Contoh :
1.       Membuat Program OverRiding.java

class OverRiding{ // membuat class baru dengan nama OverRiding
public void MethodAsli() { // method  MethodAsli
System.out.println("Method milik class OverRiding dijalankan"); // mencetak karakter dalam tanda kutip.
}
public static void main(String[]args) { //Fungsi Utama
OverRiding o = new OverRiding(); //membuat objek baru dengan nama o pada constructor OverRiding.
o.MethodAsli(); // memanggil method MethodAsli.
}
}

Output:






           2.       Membuat Program SubOverRiding.java

class SubOverRiding extends OverRiding { // membuat class baru dengan nama SubOverRiding turunan dari class OverRiding.
public void MethodAsli(){ //method MethodAsli menimpah MethodAsli pada class OverRiding.
System.out.println("Method yang sudah OverRiding dijalankan"); // mencetak karakter dalam tanda Kutip dua pada class subOverRiding.
}
public void MethodAsliSuper(){ // method MethodAsliSuper
System.out.println("Method pemanggil MethodAsli dijalankan"); // mencetak karakter dalam tanda kutip dua.
super.MethodAsli(); //memanggil MethodAsli
}
public static void main(String [] args) { //Fungsi Utama
SubOverRiding SO = new SubOverRiding(); //membuat objek baru dengan nama SO pada constructor SubOverRiding.
SO.MethodAsli(); //memanggil isi dari MethodAsli
SO.MethodAsliSuper(); //memanggil isi dari MethodAsliSuper
}
}

Output :


     

      C.      EXCEPTION
Exception merupakan sutu objek error khusus yang dibuat ketika terjadi kesalahan pada suatu program.
           Contoh:
                 1.       Membuat Program TanpaException.java

class TanpaException { // membuat class baru dengan nama TanpaException
public static void main (String [] args){ // Fungsi utama
int Nilai = Integer.parseInt (args[0]);
System.out.println("Nilai yang dimasukkan : " +Nilai); // mencetak karakter dalam tanda kutip dan ditambah nilia parameter Nilai
}
}

 Proses untuk melihat out putnya yaitu sebagai berikut :
1. Klik start ,pilih run ketik cmd untuk membuka command prompt
2. Ketik perintah cd untuk menuju direktori tempat TanpaException.java berada.
3.ketik java TanpaException 50

Output:



          2.       Membuat Program CobaException.java

class CobaException { // membuat class baru dengan nama CobaException
public static void main (String []args){ //Fungsi Utama
int nilai=0;
try{
                int Nilai = Integer.parseInt (args[0]);
System.out.println("Nilai yang dimasukkan : " +Nilai);  //mencetak karakter dalam tanda kutip dua dan ditambah nilai parameter Nilai.
}
catch(Exception e) {
System.out.println("Pasti yang diinput bukan Integer");  // mencetak karakter dalam tanda kutip dua.
}
finally {
System.out.println("Blok finally tetap dilakukan");  //mencetak karakter dalam tanda kutip dua.
}
}
}

Output:


                 3.       Membuat Program PembagianNol.java

class PembagianNol { //membuat class baru dengan nama PembagianNol
public static void main (String [] args) { //Fungsi Utama
System.out.println("Sebelum pembagian");  //mencetak karakter dalam tanda kutip dua.
try {
System.out.println(5/0);
}
catch(Throwable T) {
System.out.println("Terjadi pembagian nol"); //mencetak karakter dalam tanda kutip dua.
}
System.out.println("Sesudah pembagian"); // mencetak karakter dalam tanda kutip dua.
}
}

Output:



                  4.         Membuat Program TesInputData.java

import java.io.*;
class TesInputData { // membuat class baru dengan nama TesInputData
public static void main (String [] args) { //Fungsi Utama
BufferedReader BR = new BufferedReader(new InputStreamReader(System.in));
String Input = " ";
try {
System.out.println("Masukkan data : "); // mencetak karakter dalam tanda kutip dua.
Input = "Salah";
}
finally {
System.out.println("Data yang anda masukkan adalah " +Input); // mencetak karakter dalam tanda kutip dua dan ditambah nilai dari input.
}
}
}

Output:




Tidak ada komentar:

Posting Komentar