Selasa, 06 Desember 2011

Membuat Form


Swing.Java
Swing Java adalah salah satu pemrograman berbasis GUI(Graphical User Interface) di Java. Sesungguhnya di Java terdapat dua macam pemrograman berbasis GUI(Graphical User Interface) yaitu : AWT dan Swing.
Implementasi Swing dalam program dapat menggunakan class yang sudah terdapat pada package javax.swing yaitu JFrame, JDialog, JOption, JLabel, JTextField, JButton.

Membuat Program TugasGUI1.java
import javax.swing.*;
//memasukkan perintah java swing
class GUI extends JFrame {
 JLabel lNIM = new JLabel("NIM      : ");
 //membuat class JLabel dengan objek lNIM dengan konstruktor JLabel
 //untuk memasukkan teks NIM
 JTextField fNIM = new JTextField(10);
 //membuat komponen textbox untuk NIM
 //dengan nama class JTextField , objek fNIM, dan Konstruktor JTextField
 JLabel lNama = new JLabel("Nama  : ");
 //membuat class JLabel dengan objek lNama dengan konstruktor JLabel
 //untuk memasukkan teks Nama
 JTextField fNama = new JTextField(20);
  //membuat komponen textbox untuk Nama
  //dengan nama class JTextField , objek fNama, dan Konstruktor JTextField
 JButton bTNSave = new JButton("OK");
  //membuat komponen button OK
  //dengan nama class JButton, objek bTNSave, dan Konstruktor JButton
 JButton bTNCancel = new JButton("Cancel");
 //membuat komponen button Cancel
 //dengan nama class JButton, objek bTNCancel, dan Konstruktor JButton

 public GUI() {
    setTitle("Tugas GUI I");
    //membuat judul form
    setDefaultCloseOperation(3);
    //membuat 3 perintah tampilan pada judul form
    setSize(350,200);
    //mengatur ukuran form sebenarnya

    setLayout(null);
    //memanggil jenis layout yang dibuat di atas
    add(lNIM);
    //menanggil objek lNIM
    add(lNama);
    //menanggil objek lNama
    add(fNIM);
    //menanggil objek fNIM
    add(fNama);
    //menanggil objek fNama
    add(bTNSave);
    //menanggil objek bTNSave
    add(bTNCancel);
    //menanggil objek bTNCancel
    lNIM.setBounds(10,10,120,20);
    //membuat pengaturan tampilan pada objek lNIM
    fNIM.setBounds(130,10,150,20);
    //membuat pengaturan tampilan pada objek fNIM
    lNama.setBounds(10,35,120,20);
    //membuat pengaturan tampilan pada objek lNama
    fNama.setBounds(130,35,150,20);
    //membuat pengaturan tampilan pada objek fNama
    bTNSave.setBounds(100,130,80,20);
    //membuat pengaturan tampilan pada objek bTNSave
    bTNCancel.setBounds(200,130,80,20);
    //membuat pengaturan tampilan pada objek bTNCancel
    setVisible(true);

   }
}

class TugasGUI1 {
// membuat class dengan nama TugasGUI1
  public static void main(String [] args){
  // membuat fungsi utama untuk dapat menampilkan perintah di atas
     GUI G = new GUI();
     //membuat objek baru dengan nama G untuk menampilkan formnya
   }
}


Jika dijalankan maka akan tampil output :


Apabila diisi teks seperti ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar