Swing.Java
Swing Java adalah salah satu pemrograman berbasis GUI(Graphical User Interface) di Java. Sesungguhnya di Java terdapat dua macam pemrograman berbasis GUI(Graphical User Interface) yaitu : AWT dan Swing.
Swing Java adalah salah satu pemrograman berbasis GUI(Graphical User Interface) di Java. Sesungguhnya di Java terdapat dua macam pemrograman berbasis GUI(Graphical User Interface) yaitu : AWT dan Swing.
Implementasi Swing
dalam program dapat menggunakan class yang sudah terdapat pada package
javax.swing yaitu JFrame, JDialog, JOption, JLabel, JTextField, JButton.
Membuat
Program TugasGUI1.java
import
javax.swing.*;
//memasukkan
perintah java swing
class GUI extends JFrame {
JLabel lNIM = new
JLabel("NIM : ");
//membuat class JLabel dengan objek lNIM
dengan konstruktor JLabel
//untuk memasukkan teks NIM
JTextField fNIM =
new JTextField(10);
//membuat komponen textbox untuk NIM
//dengan nama class JTextField , objek fNIM,
dan Konstruktor JTextField
JLabel lNama = new
JLabel("Nama : ");
//membuat class
JLabel dengan objek lNama dengan konstruktor JLabel
//untuk memasukkan
teks Nama
JTextField fNama =
new JTextField(20);
//membuat
komponen textbox untuk Nama
//dengan nama class JTextField , objek fNama,
dan Konstruktor JTextField
JButton bTNSave =
new JButton("OK");
//membuat komponen button OK
//dengan nama class JButton, objek bTNSave,
dan Konstruktor JButton
JButton bTNCancel
= new JButton("Cancel");
//membuat komponen button Cancel
//dengan nama class JButton, objek bTNCancel,
dan Konstruktor JButton
public GUI() {
setTitle("Tugas GUI I");
//membuat judul form
setDefaultCloseOperation(3);
//membuat 3
perintah tampilan pada judul form
setSize(350,200);
//mengatur ukuran form sebenarnya
setLayout(null);
//memanggil jenis layout yang dibuat di
atas
add(lNIM);
//menanggil objek lNIM
add(lNama);
//menanggil
objek lNama
add(fNIM);
//menanggil objek fNIM
add(fNama);
//menanggil
objek fNama
add(bTNSave);
//menanggil objek bTNSave
add(bTNCancel);
//menanggil objek bTNCancel
lNIM.setBounds(10,10,120,20);
//membuat pengaturan tampilan pada objek
lNIM
fNIM.setBounds(130,10,150,20);
//membuat pengaturan tampilan pada objek
fNIM
lNama.setBounds(10,35,120,20);
//membuat
pengaturan tampilan pada objek lNama
fNama.setBounds(130,35,150,20);
//membuat
pengaturan tampilan pada objek fNama
bTNSave.setBounds(100,130,80,20);
//membuat pengaturan tampilan pada objek
bTNSave
bTNCancel.setBounds(200,130,80,20);
//membuat
pengaturan tampilan pada objek bTNCancel
setVisible(true);
}
}
class TugasGUI1 {
//
membuat class dengan nama TugasGUI1
public static
void main(String [] args){
// membuat
fungsi utama untuk dapat menampilkan perintah di atas
GUI G = new
GUI();
//membuat objek baru dengan nama G untuk
menampilkan formnya
}
}
Jika dijalankan maka akan tampil output :
Apabila diisi teks seperti ini:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar