Membuat Program MULTI.java
import java.awt.*;
//memasukkan perintah java awt
import javax.swing.*;
//memasukkan perintah java swing
class Layout extends JFrame {
//membuat class turunan dari JFrame
dengan Layout
JButton B0,B1, B2, B3, B4,B5, B6, B7, B8, B9, B10,
B11 ;
//membuat komponen Button
dengan objek B0,B1, B2, B3, B4,B5, B6, B7, B8, B9, B10, B11 dari class JButton
JLabel lNama,lNama2,lNama3;
//membuat komponen Label dengan objek lNama, lNama2, lNama3 dari
class JLabel
JPanel P1,P2,P3;
//membuat komponen Panel dengan objek P1, P2,P3 dari class
JPanel
public Layout() {
//membuat class dengan nama Layout
setTitle("MULTI LAYOUT");
//membuat judul layout
JLabel lNama= new JLabel("Flow Layout" );
//membuat objek baru dari class Jlabel dengan objek lNama dan
modifier JLabel
yang isinya “Flow Layout”
JButton B0=new JButton ("0");
JButton B1=new JButton ("1");
JButton B2=new JButton ("2");
JButton B3=new JButton ("3");
JLabel lNama2= new JLabel("None Layout" );
//membuat objek baru dari class Jlabel dengan objek lNama2 dan
modifier JLabel
yang isinya “NoneLayout”
JButton B4=new JButton ("4");
//membuat objek baru B4
JButton B5=new JButton ("5");
//membuat objek baru B5
JButton B6=new JButton ("6");
//membuat objek baru B6
JButton B7=new JButton ("7");
//membuat objek baru B7
JLabel lNama3= new JLabel("Grid Layout" );
//membuat objek baru dari class Jlabel dengan objek lNama dan
modifier JLabel
yang isinya “Grid Layout”
JButton B8=new JButton ("8");
//membuat objek baru B8
JButton B9=new JButton ("9");
//membuat objek baru B9
JButton B10=new JButton ("10");
//membuat objek baru B10
JButton B11=new JButton ("11");
//membuat objek baru B11
P1 = new JPanel();
//membuat objek baru P1
P2 = new JPanel();
//membuat objek baru P2
P3 = new JPanel();
//membuat objek baru P3
setLayout(null);
//memanggil jenis layout
dari class Layout
add(lNama);
//menanggil objek lNama
add(lNama2);
//menanggil objek lNama2
add(lNama3);
//menanggil objek lNama3
add(P1);
//menanggil objek P1
add(P2);
//menanggil objek P2
add(P3);
//menanggil objek P3
lNama.setBounds(15,10,100,20);
//membuat pengaturan tampilan pada objek lNama
lNama2.setBounds(220,10,100,20);
//membuat pengaturan tampilan pada objek lNama2
lNama3.setBounds(320,10,100,20);
//membuat pengaturan tampilan pada objek lNama3
P1.setBounds(5,30,200,40);
//membuat pengaturan tampilan pada objek P1
P2.setBounds(215,30,200,100);
//membuat pengaturan tampilan pada objek P2
P3.setBounds(320,30,200,150);
//membuat pengaturan tampilan pada objek P3
P1.setLayout(new FlowLayout());
//membuat tampilan Form Layout dengan
tampilan Flow dari objek P1
P1.add(B0);
//menambahkan objek P1 dengan objek B0
P1.add(B1);
//menambahkan objek P1 dengan objek B1
P1.add(B2);
//menambahkan objek P1 dengan objek B2
P1.add(B3);
//menambahkan objek P1 dengan objek B3
P2.setLayout(null);
//membuat tampilan Form Layout dengan tampilan biasa dari objek
P2
P2.add(B4);
//menambahkan objek P2 dengan objek B4
P2.add(B5);
//menambahkan objek P2 dengan objek B5
P2.add(B6);
//menambahkan objek P2 dengan objek B6
P2.add(B7);
//menambahkan objek P2 dengan objek B7
B4.setBounds(5,10,70,20);
//membuat pengaturan tampilan pada objek B4
B5.setBounds(5,30,70,20);
//membuat pengaturan tampilan pada objek B5
B6.setBounds(5,50,70,20);
//membuat pengaturan tampilan pada objek B6
B7.setBounds(5,70,70,20);
//membuat pengaturan tampilan pada objek B7
P3.setLayout(new GridLayout(2,1));
//membuat tampilan Form Layout dengan tampilan Grid dari objek
P3
P3.add(B8);
//menambahkan objek P3 dengan objek B8
P3.add(B9);
//menambahkan objek P3 dengan objek B9
P3.add(B10);
//menambahkan objek P3 dengan objek B10
P3.add(B11);
//menambahkan objek P3 dengan objek B11
P3.setSize(100,100);
//membuat ukuran utuk tampilan grid
objek P3
setSize(450,180);
//membuat ukuran utuk tampilan dari
class Layout
setVisible(true);
setDefaultCloseOperation(3);
//membuat tampilan close, maximize, dan
minimize pada form
}
}
public
class MULTI {
// membuat
class dengan nama MULTI
public
static void main(String[] args) {
// membuat fungsi utama untuk dapat
menampilkan perintah di atas
Layout
l = new Layout();
//membuat
objek baru dengan nama l untuk menampilkan formnya
}
}
Tidak ada komentar:
Posting Komentar